• PORTAL AKADEMIK
  • IT CENTER
  • LIBRARY
  • RESEARCH
  • WEBMAIL
  • PUSAT LAYANAN
  • 0811 2548 118 (IGD)
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang
    • Sejarah Rumah Sakit Akademik UGM
    • Visi, Misi, Tugas, Motto, dan Kebijakan Mutu
    • Logo Rumah Sakit Akademik UGM
    • Clinical Research Unit
    • Pengabdian Masyarakat
    • Manajemen RSA UGM
    • Pasar Krempyeng
  • Diklat
  • Layanan
    • IGD
    • Unit Tranfusi Darah
    • Klinik Eksekutif dan Medical Check Up
      • Klinik Eksekutif
      • Paket Medical Check Up
    • Klinik Gadjah Mada Orthopedi Center
    • Antarejo
    • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
    • Jatayu Home Care
    • Rawat Inap
    • Rehabilitasi Medik
    • Health Tourism & Wellness
    • Hemodialisa
    • Psikologi Anak
    • Layanan Unggulan RSA UGM
  • Informasi
    • Jadwal Dokter RSA UGM
    • Artikel
    • Kerja Sama Asuransi
    • Alur Pasien
    • INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
    • DATA INDIKATOR MUTU
    • Media Monitoring 2024
    • Booklet Edukasi
      • Booklet P3K Kasus Upaya Bunuh Diri di Lingkungan Kampus
      • Booklet Kenali dan Kendali Hipertensi
    • Homestay UGM
  • Kontak Kami
    • Zona Integritas
    • SP4N Lapor
    • E Komplain
    • Hubungi Kami
  • id ID
    • ar AR
    • zh-CN ZH-CN
    • en EN
    • fr FR
    • de DE
    • id ID
    • it IT
    • ja JA
    • kn KN
    • ko KO
    • ms MS
    • pt PT
    • ru RU
    • th TH
    • uz UZ
  • Beranda
  • Seminar
  • Peran Case Manager dan IPCP dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS

Peran Case Manager dan IPCP dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan RS

  • Seminar
  • 14 December 2016, 08.08
  • Oleh: admin
  • 0
Membuka acara seminar, Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM
Membuka acara seminar, Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM

Yogyakarta, 24 November 2016. Rumah Sakit UGM mengadakan SEMINAR NASIONAL “Implementasi Case Management dan InterProfessional Collaborative Practice (IPCP)” sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit (Sesuai standar akreditasi KARS versi 2012), yang menghadirkan narasumber Dr. Djoni Darmadjaja., Sp.B., MARS., FCSI., FinaCS – Konsultan dan Surveyor KARS,  Prof. dr. Sunartini Hapsara, Ph.D, Sp. A(K) – Pakar IPCP, dr. Novi Zain Alfajri – Konseptor Case Management RS UGM, Ibu Sugiarsih., S.Kep., Ns., MPH – Case Manager RS UGM.

Acara dibuka langsung oleh Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D– Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, turut hadir dan memberikan sambutan Prof. dr. Arif Faisal, Sp.Rad(K)., DHSM – Direktur Utama RS UGM beserta jajaran direksi lainnya.

Penyampaian materi dilanjut sesi tanya jawab bersama Dr. Djoni Darmadjaja., Sp.B., MARS., FCSI., FinaCS & Prof. dr. Sunartini Hapsara, Ph.D, Sp. A(K)
Penyampaian materi dilanjut sesi tanya jawab bersama Dr. Djoni Darmadjaja., Sp.B., MARS., FCSI., FinaCS & Prof. dr. Sunartini Hapsara, Ph.D, Sp. A(K)

Dr Djoni menjelaskan “Case manager atau yang disebut Manajer Pelayanan Pasien (MPP) adalah salah satu perangkat dalam proses pelayanan di mikrosistem rumah sakit. Berdasarkan standar akreditasi KARS 2012, case manager dibutuhkan keberadaannya di rumah sakit untuk menjalankan fungsi kolaborasi, koordinasi, edukasi,  motivasi, empowering, mendorong pelayanan efektif dan efisien untuk kendali mutu dan kendali biaya, serta pendampingan untuk meningkatkan teamwork dalam proses asuhan pasien”

Penyampaian materi dilanjut sesi tanyajawab bersama dr. Novi Zain Alfajri & Ibu Sugiarsih., S.Kep., Ns., MPH
Penyampaian materi dilanjut sesi tanyajawab bersama dr. Novi Zain Alfajri & Ibu Sugiarsih., S.Kep., Ns., MPH

“Kriteria kasus yang didampingi case manager antara lain pasien high risk, kasus panjang, los panjang, high cost serta permasalahan psikososial ekonomi” tambah Ibu Sugiarsih

“Konsep case manager adalah merubah ‘doctor center care’ menjadi ‘patient center care’ dan harus ada kesinambungan mulai dari pasien masuk sampai rujuk balik atau kembali ke komunitas pasien tersebut” ujar dr Novi Zain.

“IPCP akan bisa berjalan jika ada saling percaya dari PPA, keterbukaan dan responsiveness, dan jika sudah berjalan maka  akan tercapai efisiensi, respon time dan kecepatan penanganan, serta menurunnya angka morbiditas dan mortalitas di rumah sakit” jelas Prof Sunartini.

Antusias peserta seminar dalam sesi tanya jawab
Antusias peserta seminar dalam sesi tanya jawab

Harapannya dengan diadakan kegiatan ini dapat membuka wawasan serta menambah pengetahuan dan pengalaman tentang case management system dan IPCP sehingga dapat diterapkan di rumah sakit sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. (Humas RS UGM/Deta).

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pencarian

Artikel Kesehatan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Informasi Terbaru

  • RSA UGM Hadirkan Pasar Krempyeng Rebo Wage, Angkat Tema Kesehatan Lansia
  • Apakah Di Hidung Saya Ada Polip ?
  • Apakah Orang dengan Epilepsi Aman untuk Berolahraga ?
  • Bulan Kesehatan Mental | Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja ?
Universitas Gadjah Mada

Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

Jl. Kabupaten (Lingkar Utara), Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55291

rsa@ugm.ac.id

0811 2548 118 (IGD)
0811 2856 210 (Pusat Layanan Informasi, WhatsApp Chat Only)

Tautan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Layanan

  • Klinik Mata
  • Klinik Gigi dan Mulut
  • Bedah Umum dan Digestif
  • Klinik Anak
  • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
  • Radiologi
  • Klinik Saraf
  • Rehabilitasi Medik
  • Klinik Kulit dan Kelamin
ARSPTN logo

© Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY