Sekilas Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada

Kasus positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta terus mengalami peningkatan hingga saat ini, sehingga Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada dihadirkan secara khusus untuk melakukan upaya bersama-sama dengan masyarakat mengembangkan strategi terbaik untuk melawan Covid-19. Harapannya dengan inovasi kebijakan dan tindakan yang dilakukan, dapat meringankan saudara-saudara kita yang membutuhkan pelayanan dengan lebih baik.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta No 219/KEP/2021 tanggal 29 Juli 2021, Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada ditetapkan sebagai rumah sakit lapangan/darurat untuk memberikan pelayanan kepada pasien dalam kasus konfirmasi ringan-sedang. Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada ini difasilitas dengan aplikasi self assessment yang dilakukan pasien untuk melaporkan kondisi kesehatannya secara mandiri, dan terkoneksi dengan sistem di rumah sakit. Sehingga diharapkan kondisi pasien dapat dimonitoring oleh petugas kesehatan. Selain itu, dokter dan perawat dijadwalkan untuk melakukan pengecekan secara rutin.

Alamat Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada :

  1. UC Hotel & Convention Centre (Jl. Pancasila Bulaksumur NNo.2, Senolowo, Sinduadi, Mlasti, Sleman, D.I Yogyakarta 55281)
  2. Wisma Kagama (Jl. Bulaksumur Blok G, Sagan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281)
  3. Asrama Dharmaputra Karanggayam (Jalan Weling Raya No. 108, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281)

Dengan diresmikan Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada ini diharapkan pelayanan di RSA UGM menjadi lebih optimal untuk pasien bergejala sedang-berat.

Mari bersinergi, berjuang lawan pandemi

  • Sesuai dengan SK MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR HK.01.07/MENKES/230/2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Lapangan/Rumah Sakit Darurat pada masa pandemi CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19)

    Kriteria pasien Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada (RSKC Gadjah Mada):

    1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan identitas diri yang asli (KTP)
    2. Anda merupakan salah satu dari kriteria berikut :
      1. Pasien dengan kasus suspek gejala ringan/kasus konfirmasi tanpa gejala/kontak erat dengan penyakit penyerta yang terkontrol, atau
      2. Pasien dengan kasus suspek gejala ringan/kasus konfirmasi tanpa gejala/kontak erat yang berusia di atas 60 (enam puluh) tahun, atau
      3. Pasien dengan kasus suspek/kasus konfirmasi gejala ringan hingga sedang terutama bagi pasien yang dapat mandiri/self handling, atau
      4. Pasien dengan kasus konfirmasi tanpa gejala klinis dan kasus konfirmasi gejala ringan, yang tidak memiliki fasilitas isolasi mandiri di tempat tinggalnya atau fasilitas publik yang disiapkan pemerintah, yang dibuktikan oleh surat keterangan dari puskesmas.
    3. Dapat melakukan aktivitas keseharian secara mandiri

    Jika Anda memenuhi 3 persyaratan tersebut di atas, selanjutnya:

    1. Hubungi Call Center RSKC Gadjah Mada di 081229208880 (24 Jam) dengan WhatsApp atau telepon. Kami akan memberikan info alur layanan dan link pendaftaran.
    2. Setelah itu, kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan lengkap (Klinis, Laboratorium, dan Rontgen Thoraks) di Rumah Sakit Akademik UGM (RSA UGM) atau Rumah Sakit Rujukan COVID-19 lainnya.
    3. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan awal langsung ke RSKC Gadjah Mada yang berlokasi di University Club (UC) UGM. Kami akan melakukan pemeriksaan lengkap lanjutan ke RSA UGM jika dibutuhkan.
    4. Jika anda telah periksa di RSA UGM dan termasuk dalam kriteria pasien RSKC Gadjah Mada, maka RSA UGM akan berkoordinasi dengan RSKC Gadjah Mada untuk proses perawatan selanjutnya di RSKC Gadjah Mada.
    5. Pasien menghubungi RSKC Gadjah Mada untuk memulai proses perawatan selanjutnya di RSKC Gadjah Mada.
    6. Anda dapat mengisi link pendaftaran yang sudah kami berikan melalui Call Center RSKC Gadjah Mada di 081229208880 dan mengupload dokumen yang dibutuhkan. Jika mengalami kesulitan proses online, Anda dapat membawa berkas kelengkapan saat datang ke RSKC GM.

    Selama mendapatkan perawatan di RSKC Gadjah Mada, Anda berhak mendapatkan:

    1. Layanan fasilitas kamar dan konsumsi makan berat 3 x sehari di RSKC Gadjah Mada
    2. Evaluasi klinis harian berkala
    3. Konsultasi dokter
    4. Obat-obatan
    5. Jika terjadi perburukan klinis selama di Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada, sehingga membutuhkan penanganan di Rumah Sakit, maka petugas shelter akan berkoordinasi dengan Rumah Sakit Rujukan COVID-19 untuk proses rujuk.
    6. Anda dinyatakan sudah menjalani isolasi jika telah menjalani perawatan minimal 10 hari setelah terkonfirmasi COVID-19 atau telah dinyatakan dokter selesai menjalani isolasi.
    7. Setelah selesai menjalani perawatan isolasi mandiri di Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada, Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Selesai Isolasi.
    8. Setelah selesai isolasi, Anda pasien harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan instruksi medis oleh dokter.
    9. Anda dapat meningggalkan Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada dengan transportasi secara mandiri.

     

    Alur Pelayanan RSKC Gadjah Mada (Rumah Sakit Khusus Covid) :

    1. Warga Negara Indonesia melakukan pemeriksaan di Pli Covid RSA UGM Yudistira 2
    2. Apabila terkonfirmasi Positif Covid maka akan menjalani Rawat Inap di RSA UGM (dengan kondisi pasien sedang sampai berat)
    3. Apabila terkonfirmasi Positif Covid maka dapat melakukan Isolasi Mandiri RSKC Gadjah Mada dengan (Surat Pengantar Isolasi Mandiri ke RSKC GM) (dengan kondisi pasien ringan)

     

    Fasilitas rawat jalan Yudhistira 2 RSA UGM :

    1. Rontgen torax
    2.  Lab Darah
    3.  Konsultasi dokter
    4. Obat-obatan

     

    Fasilitas RSKC Gadjah Mada :

    1. Makan berat 3x sehari
    2. Pemeriksaan tanda vital berkala
    3.  Pemeriksaan medis/konsultasi medis berkala
    4. Vitamin dan obat-obatan

  • Fasilitas yang Anda dapatkan selama perawatan di RSKC Gadjah Mada, antara lain:

    1. Tamu menempati kamar isolasi RSKC Gadjah Mada yang dilengkapi dengan:
      1. Tempat tidur
      2. Kamar mandi
      3. Lemari
      4. Free Wifi
    2. Makan 3 kali sehari (makan pagi, siang dan malam)
    3. Dispenser air mineral
    4. Pemantauan rutin antara lain: suhu tubuh, saturasi oksigen, nadi dan tekanan darah.
    5. Edukasi kesehatan berkala
    6. Konsultasi dokter umum dan spesialis
    7. Informasi kegiatan akan diberikan oleh petugas jaga melalui broadcast WA grup
    8. Dalam kondisi tamu mengalami penurunan klinis akan dilakukan proses rujukan ke RSA UGM atau RS Rujukan COVID-19 lainnya.

  • Bagi seluruh tamu diharapakan mematuhi tata tertib sebagai berikut :

    1. Tamu yang akan menempati RSKC Gadjah Mada harus sudah mendapatkan pemeriksaan dan surat pengantar isolasi mandiri
    2. Tamu mengisi link pendaftaran RSKC Gadjah Mada
    3. Tamu datang diantar oleh keluarga atau petugas pelayanan kesehatan yang merujuk
    4. Tamu membawa barang-barang pribadi sebagai berikut:
    • Alat makan (piring, sendok, garpu dan gelas)
    • Alat ibadah
    • Pakaian
    • Obat rutin
    • Ponsel
    • Alat mandi
    • Bila membawa makanan diharapkan makanan kering dan tidak mudah basi.
    • Perlengkapan pribadi lainnya
    • Diharapkan membawa alat saturasi 0ksigen
    1. Selama isolasi tidak diperkenankan dijenguk atau ditemani oleh keluarga/kerabat
    2. Melaporkan kondisi harian melalui  http://ugm.id/pemantauanshelterugm
    3. Dilarang bertukar tempat tidur tanpa arahan dari petugas yang berwenang
    4. Disiplin menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
    5. Disiplin melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun
    6. Wajib melakukan Etika Batuk ketika batuk
    7. Dilarang meludah sembarangan atau meludah keluar jendela
    8. Dilarang merokok
    9. Wajib memakai masker
    10. Menjaga kebersihan dan kerapihan kamar secara mandiri
    11. Menjaga ketenangan, ketertiban dan menjunjung tinggi toleransi
    12. Keluarga dapat mengirimkan barang atau makanan dengan menitipkan kepada petugas yang sedang berjaga dan hanya bisa sampai di lobi (makanan yang tidak mudah basi)
    13. Pemesanan makanan melalui aplikasi ojek online hanya bisa diterima oleh petugas di lobi RSKC Gadjah Mada
    14. Kebersihan alat makan dan pakaian menjadi tanggung jawab tamu
    15. Membuka jendela kamar setiap pagi, tidak berkumpul di lorong/balkon, dan tidak diperkenankan mengunjungi ke kamar lain
    16. Membuang sampah medis yaitu masker/ benda yang kontak dengan cairan tubuh ke tong sampah plastik kuning, sampah non medis seperti kertas, kotak makan ke tong sampah plastik hitam.
    17. Tamu harus pulang pada masa akhir isolasi sesuai dengan yang ditentukan
    18. Selama masa isolasi tamu melaporkan kondisi kesehatan melalui aplikasi yang disediakan
    19. Semua tamu wajib mematuhi tata tertib shelter demi menjaga keamanan dan kenyamanan.

  • Apa saja yang perlu dipersiapkan saat isolasi diri di Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada (RSKC Gadjah Mada)

    1. Pakaian secukupnya
    2. Obat-obatan pribadi
    3. Masker medis
    4. Selimut
    5. Alat makan (piring, gelas, sendok, garpu, botol minum)
    6. Alat Ibadah
    7. Lotion/semprotan serangga
    8. Ponsel
    9. Alat Mandi
    10. Bila membawa makanan diharapkan makanan kering dan tidak mudah basi

  • Alur koordinasi pelayanan pasien Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada ke RSA UGM :

    1. Pasien Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada minimal sudah dilakukan pemeriksaan di Poli Yudistira 2 RSA UGM
    2. Pasien dengan penilaian medis dari dokter RSKC GM mengalami perburukan klinis dapat dirujuk ke RSA UGM melalui koordinasi fast tract Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada dengan persyaratan :
      o Terdapat ketersediaan tempat tidur dan atau kamar di RSA UGM
      o PJ Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada berkoordinasi dengan terkait kondisi klinis pasien dan ketersediaan tempat tidur dan kamar di RSA UGM.
      o Pasien wajib membawa surat pengantar dari Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada
      o Jika karena suatu hal, surat pengantar dapat disusulkan kemudian dalam waktu maksimal 3x24 jam.
    3. Pasien dengan klinis desaturasi (SPO2 dibawah 90%) akan masuk via IGD RSA UGM, sedangkan pasien dengan SPO2 diatas 90% masuk via Poli COVID-19 Yudistira 2
    4. Info ketersediaan bed dan ruangan COVID di RSA UGM akan di update di grup WA Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada bila diperlukan.
    5. Jika ada ketersediaan bed dan ruangan COVID di RSA, akan diinfokan waktu pengiriman pasien dari Rumah Sakit Khusus Covid Gadjah Mada ke RSA UGM.
    6. Dilakukan fast tract pendaftaran IGD maupun Poli COVID-19 Yudistira 2 bila sudah ditetapkan kapan bisa ke RSA UGM.

  • JOEMPA DOKTER merupakan pelayanan jarak jauh (telemedicine) oleh dokter dan professional kesehatan lain di RS Akademik UGM menggunakan tatap muka video, meliputi pelayanan konsultasi, pemeriksaan jarak jauh dan pengobatan untuk individu pelanggan/pasien  RS Akademik UGM.

    Lebih lengkap mengenai Joempa Dokter, klik tautan ini.

  • Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, per Bulan Juni 2021 RS Akademik UGM memberikan pelayanan “One Stop Service Skrining COVID-19” berupa Swab PCR, Rapid Test Antigen, dan Rapid Test Antibody.

    Jam Pelayanan:

    • Swab PCR dan Rapid Test Antigen

    Dilayani 24 jam pada:

      • 08.00 – 19.00 di Poliklinik Yudistira 2
      • 19.00 – 07.59 di IGD Nakula
    • Rapid Test Antibody

    dilayani 24 jam di Laboratorium Klinik Terpadu RSA UGM

    *Hari libur tetap buka

    Informasi penting, beberapa pasien paska infeksi COVID-19 masih mengeluhkan gejala-gejala yang menetap lebih dari 4 minggu paska awitan/onset pertama. Gejala yang menetap tersebut dapat berupa batuk, sesak napas, dan nyeri dada.

    Gejala lain yang dapat dirasakan yaitu:

    • Demam subfebril (pra-demam) artinya kenaikan suhu tubuh yang terjadi belum terlalu signifikan sehingga jika dirasakan dengan sentuhan kulit baru akan terasa hangat, belum panas.
    • Lemah lesu, nyeri kepala, nyeri dan kelemahan otot, gangguan perut
    • Gangguan neurokognitif dan gangguan mental
    • Rashatau ruam kulit (sekilas terlihat seperti gatal-gatal pada campak dan cacar air)
    • Gangguan metabolik (gula darah sulit dikontrol pada Diabetes Melitus / DM)
    • Thromboembolik

    Semua gejala tersebut dapat bersifat kambuhan dan didapatkan pada semua pasien dengan derajat keparahan ringan, sedang maupun berat /kritis. Kondisi ini disebut Long COVID.

    Rumah Sakit Akademik UGM membuka layanan khusus bagi pasien paska COVID-19 agar monitoring dan terapi terencana, hal ini sebagai upaya untuk dapat memastikan kesembuhan yang paripurna.

    Layanan berupa:

    • PEMERIKSAAN & KONSULTASI

    Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam

    (+ konsultasi spesialis lain jika diperlukan)

    • Pemeriksaan penunjang : Laboratorium, Rontgen Toraks/CT scan toraks, Uji fungsi paru (spirometri)

    Ruang Pelayanan : Gedung Yudistira 2 RSA UGM

    Jadwal Dokter

    • Siswanto, Sp.P / dr. Astari Pranindya Sari, Sp.P
      • Senin : 09.00 – 11.00
      • Rabu : 09.00 – 11.00
    • Maria Erika Pranasakti, Sp.PD
      • Jumat : 11.00 – 12.00

    Lebih lengkap mengenai One Stop Service Skrining Covid-19 di RSA UGM, klik tautan ini.

    Selalu perhatikan protokol kesehatan

    Salam Friendly and Caring Hospital