• PORTAL AKADEMIK
  • IT CENTER
  • LIBRARY
  • RESEARCH
  • WEBMAIL
  • PUSAT LAYANAN
  • 0811 2548 118 (IGD)
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang
    • Sejarah Rumah Sakit Akademik UGM
    • Visi, Misi, Tugas, Motto, dan Kebijakan Mutu
    • Logo Rumah Sakit Akademik UGM
    • Clinical Research Unit
    • Pengabdian Masyarakat
    • Manajemen RSA UGM
    • Pasar Krempyeng
  • Diklat
  • Layanan
    • IGD
    • Unit Tranfusi Darah
    • Klinik Eksekutif dan Medical Check Up
      • Klinik Eksekutif
      • Paket Medical Check Up
    • Klinik Gadjah Mada Orthopedi Center
    • Antarejo
    • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
    • Jatayu Home Care
    • Rawat Inap
    • Rehabilitasi Medik
    • Health Tourism & Wellness
    • Hemodialisa
    • Psikologi Anak
    • Layanan Unggulan RSA UGM
  • Informasi
    • Jadwal Dokter RSA UGM
    • Artikel
    • Kerja Sama Asuransi
    • Alur Pasien
    • INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
    • DATA INDIKATOR MUTU
    • Media Monitoring 2024
    • Booklet Edukasi
      • Booklet P3K Kasus Upaya Bunuh Diri di Lingkungan Kampus
      • Booklet Kenali dan Kendali Hipertensi
    • Homestay UGM
  • Kontak Kami
    • Zona Integritas
    • SP4N Lapor
    • E Komplain
    • Hubungi Kami
  • id ID
    • ar AR
    • zh-CN ZH-CN
    • en EN
    • fr FR
    • de DE
    • id ID
    • it IT
    • ja JA
    • kn KN
    • ko KO
    • ms MS
    • pt PT
    • ru RU
    • th TH
    • uz UZ
  • Beranda
  • Agenda
  • Workshop Standar Akreditasi di Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada

Workshop Standar Akreditasi di Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada

  • Agenda
  • 27 March 2015, 17.47
  • Oleh: admin
  • 2

workshop_akreditasi_rs_ugm_2015Yogyakarta, 26 Maret 2015. Sebagai salah satu upaya mempersiapkan akrediasi rumah sakit, RS UGM menyelenggarakan Workshop Standar Akreditasi selama 2 hari – Rabu dan Kamis, 25 – 26 Maret 2015 yang menghadirkan 4 narasumber ahli dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yaitu dr. Mary Siti Maryam, MHA, Ph. D; dr. Dahsriati, Sp. KJ.; Kemala Rita Wahidi, S. Kep, MARS; dan dr.Sugiharto Tanto, MARS.

Prof.dr. Arif Faisal, Sp.Rad(K).,DHSM-Direktur Utama RS UGM dalam acara pembukaan menyampaikan “Pagi ini kita memulai rangkaian kegiatan rumah sakit untuk memperoleh akeditasi, suatu bentuk pengakuan bahwa rumah sakit siap melayani sesuai standar bagi pelayanan kesehatan di Indonesia. Ini merupakan aturan yang harus diikuti, saya harapkan kita semua dapat mengikuti workshop dua hari ini sehingga mendapatkan pemahaman tentang akreditasi dan kita lebih siap menghadapi akreditasi seperti yang telah kita canangkan tanggal 17 Februari 2015: Akreditasi harus terlaksana di Bulan Oktober 2015.”

“Terima kasih bagi narasumber dari KARS yang telah meluangkan waktu dan membimbing untuk persiapan RS UGM menghadapi akreditasi.” Prof.Arif menambahkan.

workshop_akreditasi_rs_ugm_2015dr.Mary Siti Maryam, MHA, Ph.D dalam sesi pengantar memberikan pemahaman mengenai perubahan paradigma akrediasi, tahapan serta apa saja yang harus disiapkan dalam akreditasi rumah sakit. 4 Kelompok Standar Akreditasi Rumah sakit versi 2012 yang harus dipahami adalah sebagai berikut: Kelompok Standar Pelayanan Berfokus pada Pasien, Kelompok Standar Manajemen Rumah Sakit, Sasaran Keselamatan Pasien Rumah Sakit, Sasaran Milenium Development Goals.

“Hal yang membedakan proses akreditas dulu dan sekarang antara lain bahwa dulu pasien di luar atau sebagai obyek, kalau sekarang patient centered care (fokus pada pasien), pelayanan dan peningkatan mutu yang berkesinambungan. Selain itu metodologi survei juga berbeda, saat ini menggunakan metode telusur (tracer method) yaitu dari hulu ke hilir. Misalnya yang ditanya adalah pasien dan perawat di pelayanan bukan kepala perawatnya, bila terjadi hal yang tidak konsisten selanjutnya dilihat apakah ada prosedur, kalau tidak ada dicari panduan dll. Kalau dulu berbasis dokumen dari kebijakan sampai implementasi dan evaluasi” dr.Mary menjelaskan.

Komitmen bersama ini mutlak diperlukan dan menjadi kekuatan dalam mewujudkan RS UGM terakreditasi. Seluruh warga RS UGM baik jajaran pimpinan rumah sakit, manajer-manajer rumah sakit, hingga petugas pelaksana di lapangan haruslah bahu membahu. Mutu dan keselamatan menjadi tugas pokok setiap individu dalam melaksanakan tugas pelayanannya. Dukungan dari manajemen menjadi pilar dan landasan yang mendukung tugas pokok tersebut. (dt)

Tags: Workshop

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Comment (2)

  1. agus indarto 10 years ago

    adakah pelatihan workshop akreditasi terbuka untuk umum??? tq

    Reply
    • RSA UGM 9 years ago

      Terimakasih Bapak Agus atas pertanyaannya.

      Mohon maaf untuk saat ini pelatihan dan workshop akreditasi dilaksanakan untuk internal Rumah Sakit saja. Terimakasih

      Instalasi Pemasaran, Hubungan Masyarakat, Informasi dan Layanan Pelanggan RS UGM

      Reply

Pencarian

Artikel Kesehatan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Informasi Terbaru

  • Apakah Orang dengan Epilepsi Aman untuk Berolahraga ?
  • Bulan Kesehatan Mental | Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja ?
  • Open Recruitment Teknisi Tranfusi Darah Rumah Sakit Akademik UGM
  • RSA UGM Tingkatkan Kolaborasi Antar Rumah Sakit Akademik Melalui Kunjungan ke RS Universitas Airlangga
Universitas Gadjah Mada

Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

Jl. Kabupaten (Lingkar Utara), Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55291

rsa@ugm.ac.id

0811 2548 118 (IGD)
0811 2856 210 (Pusat Layanan Informasi, WhatsApp Chat Only)

Tautan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Layanan

  • Klinik Mata
  • Klinik Gigi dan Mulut
  • Bedah Umum dan Digestif
  • Klinik Anak
  • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
  • Radiologi
  • Klinik Saraf
  • Rehabilitasi Medik
  • Klinik Kulit dan Kelamin
ARSPTN logo

© Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY