
Yogyakarta, 24 November 2016. Rumah Sakit UGM mengadakan SEMINAR NASIONAL “Implementasi Case Management dan InterProfessional Collaborative Practice (IPCP)” sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit (Sesuai standar akreditasi KARS versi 2012), yang menghadirkan narasumber Dr. Djoni Darmadjaja., Sp.B., MARS., FCSI., FinaCS – Konsultan dan Surveyor KARS, Prof. dr. Sunartini Hapsara, Ph.D, Sp. A(K) – Pakar IPCP, dr. Novi Zain Alfajri – Konseptor Case Management RS UGM, Ibu Sugiarsih., S.Kep., Ns., MPH – Case Manager RS UGM.
Acara dibuka langsung oleh Prof. dr. Iwan Dwiprahasto, M.Med.Sc., Ph.D– Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM, turut hadir dan memberikan sambutan Prof. dr. Arif Faisal, Sp.Rad(K)., DHSM – Direktur Utama RS UGM beserta jajaran direksi lainnya.

Dr Djoni menjelaskan “Case manager atau yang disebut Manajer Pelayanan Pasien (MPP) adalah salah satu perangkat dalam proses pelayanan di mikrosistem rumah sakit. Berdasarkan standar akreditasi KARS 2012, case manager dibutuhkan keberadaannya di rumah sakit untuk menjalankan fungsi kolaborasi, koordinasi, edukasi, motivasi, empowering, mendorong pelayanan efektif dan efisien untuk kendali mutu dan kendali biaya, serta pendampingan untuk meningkatkan teamwork dalam proses asuhan pasien”

“Kriteria kasus yang didampingi case manager antara lain pasien high risk, kasus panjang, los panjang, high cost serta permasalahan psikososial ekonomi” tambah Ibu Sugiarsih
“Konsep case manager adalah merubah ‘doctor center care’ menjadi ‘patient center care’ dan harus ada kesinambungan mulai dari pasien masuk sampai rujuk balik atau kembali ke komunitas pasien tersebut” ujar dr Novi Zain.
“IPCP akan bisa berjalan jika ada saling percaya dari PPA, keterbukaan dan responsiveness, dan jika sudah berjalan maka akan tercapai efisiensi, respon time dan kecepatan penanganan, serta menurunnya angka morbiditas dan mortalitas di rumah sakit” jelas Prof Sunartini.

Harapannya dengan diadakan kegiatan ini dapat membuka wawasan serta menambah pengetahuan dan pengalaman tentang case management system dan IPCP sehingga dapat diterapkan di rumah sakit sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. (Humas RS UGM/Deta).