• PORTAL AKADEMIK
  • IT CENTER
  • LIBRARY
  • RESEARCH
  • WEBMAIL
  • PUSAT LAYANAN INFORMASI
  • GAWAT DARURAT
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang
    • Sejarah Rumah Sakit Akademik UGM
    • Visi, Misi, Tugas, Motto, dan Kebijakan Mutu
    • Logo Rumah Sakit Akademik UGM
    • Clinical Research Unit
    • Pengabdian Masyarakat
    • Manajemen RSA UGM
    • Pasar Krempyeng
  • Diklat
  • Layanan
    • IGD
    • Unit Tranfusi Darah
    • Klinik Eksekutif dan Medical Check Up
      • Klinik Eksekutif
      • Paket Medical Check Up
    • Klinik
      • Klinik Anak
      • Klinik Bedah
      • Klinik Subspesialis Bedah
      • Klinik Gadjah Mada Orthopedi Center
      • Klinik Dermatologi, Venereologi, dan Estetika
      • Klinik Gigi dan Mulut
      • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
      • Klinik Kesehatan Jiwa
      • Klinik Mata
      • Klinik Obstetri dan Ginekologi
      • Klinik Paru dan Pernapasan
      • Klinik Penyakit Dalam
      • Klinik Fisik dan Rehabilitasi Medik
      • Klinik Gizi
      • Klinik Saraf
      • Klinik THT-KL
    • Hemodialisa
    • Radiologi
    • Psikologi Anak
    • Antarejo
    • Jatayu Home Care
    • Rawat Inap
    • Health Tourism & Wellness
    • Layanan Unggulan
  • Informasi
    • Jadwal Dokter RSA UGM
    • Artikel
      • Artikel Kesehatan
      • Berita
    • Kerja Sama Asuransi
    • Alur Pasien
    • INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
    • DATA INDIKATOR MUTU
    • Media Monitoring
    • Booklet Edukasi
    • Homestay UGM
  • Kontak Kami
    • Zona Integritas
    • SP4N Lapor
    • E-Komplain
    • Hubungi Kami
  • Beranda
  • Seminar
  • Implementasi Case Management dan InterProfessional Collaborative Practice (IPCP) sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit

Implementasi Case Management dan InterProfessional Collaborative Practice (IPCP) sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan di Rumah Sakit

  • Seminar
  • 21 October 2016, 09.03
  • Oleh: admin
  • 0

Seminar Case manager di RS UGM

Latar Belakang

Case manager atau yang disebut Manajer Pelayanan Pasien (MPP) adalah salah satu perangkat dalam proses pelayanan di mikrosistem rumah sakit. Berdasarkan standar akreditasi KARS 2012 bahwasannya case manager dibutuhkan keberadaannya di rumah sakit untuk menjalankan fungsi kolaborasi, koordinasi, dan edukasi serta fungsi lain untuk meningkatkan fungsi dari teamwork dalam proses asuhan pasien. Selain itu fungsi case manager dalam hospital case management system diharapkan mampu meningkatkan fungsi dari masing-masing provider dalam Interprofessional Collaborative Practice dalam mikrosistem.

Untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman tentang peran case manager dalam proses asuhan di mikrosistem rumah sakit, maka perlu diadakan seminar tentang” Case Manager dan perannya dalam Interprofessional Collaborative Practice di Rumah Sakit UGM”.

Tujuan

Setelah mengikuti seminar peserta mengetahui tentang:

  1. Konsep Case Management berdasarkan standar mutu dan akreditasi KARS 2012
  2. Interprofessional Collaborative Practice (IPCP) dalam Case Management System
  3. Pengorganisasian Hospital Case Management di Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada
  4. Peran dan Fungsi Case Manager di Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada

Waktu dan Tempat

Seminar akan diselenggarakan di Aula (Gedung Kresna) Lantai 5 Rumah Sakit UGM pada Tanggal 24 November 2016, pukul 08.00-selesai.

Investasi

  1. Mahasiswa S1 : Rp. 200.000,-
  2. Mahasiswa S2/S3 : Rp. 250.000,-
  3. Karyawan/Umum : Rp. 300.000,-

Susunan Acara

Waktu Kegiatan Penanggung Jawab
08.00-08.30 Registrasi Panitia
08.30-08.40 Pembukaan Panitia
08.40-09.00 Safety Breafing Panitia
09.00-09.10 Tari Gambyong Panitia
09.10-09.20 Sambutan Ketua Panitia
09.20-09.30 Sambutan Direktur Utama RS UGM sekaligus membuka acara Prof. dr. Arif Faisal.,SP.Rad (K)

 

SESI I
09.30-09.50 Konsep Hospital Case Management berdasarkan standar mutu dan akreditasi KARS 2012 Dr. Djoni Darmadjaja.,SpB.,MARS.,FCSI.,FInaCS

(Konsultan Dan Surveyor KARS)

09.50-10.25 Interprofesional Collaborative Practice dalam konteks Hospital Case Management System Prof.dr.Sunartini Hapsara.,Sp.A (K)., Ph.D

(Pakar IPCP)

10.25-11.00 Diskusi Sesi 1 Moderator (dr. Hafidzah Nurmastuti)
Penyerahan kenang-kenangan Panitia
SESI II
11.10-11.30 Implementasi di RS UGM: Pengorganisasian Hospital Case management dr. Novi Zain Alfajri

(Konseptor Case Management di RS UGM)

11.30-11.50 Implementasi di RS UGM: Peran dan Fungsi Case Manager di RS UGM Sugiarsih.,S.Kep.,Ns., MPH

(Case Manager RS UGM)

11.50-12.20 Diskusi Sesi 2 Moderator (dr. Eka Wahyuni)
Penyerahan kenang-kenangan Panitia
12.40-13.00 Penutup Panitia

Pendaftaran, klik https://goo.gl/3t4FtC

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pencarian

Artikel Kesehatan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Informasi Terbaru

  • RSA UGM Lakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan RSUD Wonosari
  • Pentingnya Menilai Kesiapan Sekolah Pada Anak
  • Strong Joints, Timeless Beauty: Kiat Sehat dan Cantik di Usia Emas
  • Menjawab Tantangan Ortopedi Modern: Ahs Ugm Dan Rsa Ugm Tingkatkan Kompetensi Perawat Bedah
Universitas Gadjah Mada

Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

Jl. Kabupaten (Lingkar Utara), Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55291

rsa@ugm.ac.id

0811 2548 118 (IGD, WhatsApp Chat Only)
0811 2856 210 (Pusat Layanan Informasi, WhatsApp Chat Only)

Artikel Kesehatan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Layanan

  • Health Tourism and Wellness
  • Jatayu Homecare and Telemedicine
  • Unit Tranfusi Darah
  • Antarejo
  • Medical Check-Up
  • Klinik Eksekutif
  • Cathlab
  • CPET
  • Pendidikan dan Pelatihan
ARSPTN logo

© Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY