Studi Banding Modular Operating Theatre di RS Akademik UGM

Sleman- Rabu 30 Maret 2022 RS Akademik UGM menerima kunjungan RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM dari Lampung Selatan dalam rangka studi banding layanan tindakan bedah di kamar Operasi  terstandar. Kegiatan yang dihadiri oleh empat orang perwakilan dari RSUD Lampung ini disambut hangat oleh tim dari RS Akademik UGM yang terdiri drg. Didit Istadi, Sp.BM selaku Kepala Instalasi Bedah Sentral dengan agenda pengenalan ruang Operasi.

Kunjungan RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM dari Lampung Selatan

RS Akademik UGM sebagai salah satu rumah sakit pendidikan di Yogyakarta  berkomitmen untuk terus menjadi pioneer dalam pengembangan layanan kesehatan berbasis TRIDHARMA Perguruan Tinggi yang mengedepankan keselamatan bagi Pasien dengan melakukan pengembangan di pelbagai bidang. Salah satunya adalah penggunaan MOT ( Modular Opera ting Theatre)  di RS Akademik UGM yang telah berlangsung cukup lama. Penerapan sistem ruangan operasi yang terintegrasi oleh satu kontrol panel mencakup lampu ruangan, pintu hermetic, dan juga sistem tata udara ruangan yang bisa diatur dalam satu kontrol panel tentunya menunjang efektivitas layanan dan meminimalisir risiko tindakan.

Sebagai perwakilan dari RSUD Dr. H. Bob Bazar, dr. Reny Indrayani, M.K.M  selaku Pejabat Pembuat Komitmen menyampaikan bahwa salah satu agenda studi banding ini adalah tentang penggunaan Modular Operating Theatre di RS Akademik UGM untuk saling berbagi informasi sebagai sarana edukasi guna mendukung rencana RSUD Dr. H. Bob Bazar dalam mengembangkan pelayanan pada kamar operasi.

Gayung bersambut, Direktur Utama RS Akademik UGM Dr. dr. Darwito menyampaikan bahwa RS Akademik UGM selalu terbuka dan menyambut baik untuk setiap kegiatan pendidikan dan penelitian baik dalam maupun luar negeri. Kegiatan studi banding ini juga sebelumnya telah dilakukan oleh RS PKU Muhammadiyah Gamping pada 16 Maret 2022.

“Ke depan tidak terbatas pada pengembangan layanan bedah saja,  pun RS Akademik UGM siap untuk memfasilitasi, bersinergi, dan berkembang dengan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia”, pungkasnya.

Kunjungan RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM dari Lampung Selatan