• PORTAL AKADEMIK
  • IT CENTER
  • LIBRARY
  • RESEARCH
  • WEBMAIL
  • PUSAT LAYANAN
  • 0811 2548 118 (IGD)
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang
    • Sejarah Rumah Sakit Akademik UGM
    • Visi, Misi, Tugas, Motto, dan Kebijakan Mutu
    • Logo Rumah Sakit Akademik UGM
    • Clinical Research Unit
    • Pengabdian Masyarakat
    • Manajemen RSA UGM
    • Pasar Krempyeng
  • Diklat
  • Layanan
    • IGD
    • Unit Tranfusi Darah
    • Klinik Eksekutif dan Medical Check Up
      • Klinik Eksekutif
      • Paket Medical Check Up
    • Klinik Gadjah Mada Orthopedi Center
    • Antarejo
    • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
    • Jatayu Home Care
    • Rawat Inap
    • Rehabilitasi Medik
    • Health Tourism & Wellness
    • Hemodialisa
    • Psikologi Anak
    • Layanan Unggulan RSA UGM
  • Informasi
    • Jadwal Dokter RSA UGM
    • Artikel
    • Kerja Sama Asuransi
    • Alur Pasien
    • INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
    • DATA INDIKATOR MUTU
    • Media Monitoring 2024
    • Booklet Edukasi
      • Booklet P3K Kasus Upaya Bunuh Diri di Lingkungan Kampus
      • Booklet Kenali dan Kendali Hipertensi
    • Homestay UGM
  • Kontak Kami
    • Zona Integritas
    • SP4N Lapor
    • E Komplain
    • Hubungi Kami
  • id ID
    • ar AR
    • zh-CN ZH-CN
    • en EN
    • fr FR
    • de DE
    • id ID
    • it IT
    • ja JA
    • kn KN
    • ko KO
    • ms MS
    • pt PT
    • ru RU
    • th TH
    • uz UZ
  • Beranda
  • Berita
  • Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada Orientasi Pegawai Baru

Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada Orientasi Pegawai Baru

  • Berita, ZIWBK
  • 31 May 2024, 15.23
  • Oleh: admin
  • 0

Yogyakarta, 31 Mei 2024. Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi bahwa RSA UGM telah melakukan pencanangan di bulan Maret 2024. Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) adalah predikat yang diberikan pada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Konsep Zona Integritas berlandaskan pada nilai integritas dan upaya mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas.

Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada Orientasi pegawai Baru
Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada Orientasi pegawai Baru

Proses pembangunan Zona Integritas dimulai dengan pencanangan yang dilakukan oleh pimpinan instansi pemerintah. Tahapan pembangunan Zona Integritas difokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkrit. Pembangunan Zona Integritas bertujuan untuk mencegah korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Implementasinya melibatkan peningkatan akuntabilitas kinerja, penyusunan kontrak kinerja, dan penyuluhan tentang anti gratifikasi dan penanggulangan korupsi.

Orientasi pegawai Baru Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada
Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada Orientasi pegawai Baru

Dalam pembangunan Zona Integritas di wilayah RSA UGM, dilakukan dengan pemberian sosialisasi dalam kegiatan orientasi pegawai baru di Rumah Sakit Akademik UGM. Kepala Satuan Pengawas Internal drg. Arif Pramono, M.DSc., QIA memberikan materi terkait apa itu gratifikasi, gratifikasi yang tidak wajib dilaporkan dan gratifikasi yang wajib dilaporkan di Ruang 503 Rumah Sakit Akademik UGM. Serta menjelaskan definisi dan bentuk gratifikasi menurut pasal 12 B UU 20 tahun 2001, yaitu pemberian dalam arti luas. Dan bentuknya ada yang berupa barang, uang, pinjaman tanpa bunga, pengobatan Cuma-Cuma, komisi, diskon, fasilitas penginapan, tiket perjalanan, perjalanan wisata atau fasilitas lainnya. Dan menjelaskan terkait perbedaan Gratifikasi, Suap, dan Pemerasan serta alasan mengapa tidak boleh menerima gratifikasi yaitu karena Menimbulkan sikap/mental pengemis, secara tidak langsung menumbuhkan sikap tidak puas terhadap diri sendiri dan hedonis, serta menghalalkan segala cara agar dapat memuaskan dirinya / memperkaya diri sendiri / orang lain / korporasi walaupun harus menyalahgunakan wewenang, melanggar hukum dan dapat merugikan perekonomian / keuangan negara.

Dalam kegiatan orientasi tersebut drg. Arif Pramono, M.DSc., QIA menyampaikan mengingatkan kembaliĀ  tentang perlakuan terhadap gratifikasi yaitu jika diterima secara langsung maka harus ditolak dan jika terlanjur diterima (secara tidak langsung, pemberi tidak diketahui atau dalam kondisi tertentu tidak dapat menolak) maka harus melihat apakah bentuk gratifikasi tersebut termasuk gratifikasi yang wajib dilaporkan atau tidak. (Imam/RSA UGM)

Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada Orientasi pegawai baru di Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada
Sosialisasi Pengendalian Gratifikasi pada Orientasi Pegawai Baru
Tags: ZI-WBK

Leave A Comment Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Pencarian

Artikel Kesehatan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Informasi Terbaru

  • Apakah Orang dengan Epilepsi Aman untuk Berolahraga ?
  • Bulan Kesehatan Mental | Pentingkah Menjaga Kesehatan Mental Bagi Remaja ?
  • Open Recruitment Teknisi Tranfusi Darah Rumah Sakit Akademik UGM
  • RSA UGM Tingkatkan Kolaborasi Antar Rumah Sakit Akademik Melalui Kunjungan ke RS Universitas Airlangga
Universitas Gadjah Mada

Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

Jl. Kabupaten (Lingkar Utara), Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55291

rsa@ugm.ac.id

0811 2548 118 (IGD)
0811 2856 210 (Pusat Layanan Informasi, WhatsApp Chat Only)

Tautan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Layanan

  • Klinik Mata
  • Klinik Gigi dan Mulut
  • Bedah Umum dan Digestif
  • Klinik Anak
  • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
  • Radiologi
  • Klinik Saraf
  • Rehabilitasi Medik
  • Klinik Kulit dan Kelamin
ARSPTN logo

© Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY