• PORTAL AKADEMIK
  • IT CENTER
  • LIBRARY
  • RESEARCH
  • WEBMAIL
  • PUSAT LAYANAN INFORMASI
  • GAWAT DARURAT
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang
    • Sejarah Rumah Sakit Akademik UGM
    • Visi, Misi, Tugas, Motto, dan Kebijakan Mutu
    • Logo Rumah Sakit Akademik UGM
    • Clinical Research Unit
    • Pengabdian Masyarakat
    • Manajemen RSA UGM
    • Pasar Krempyeng
  • Diklat
  • Layanan
    • IGD
    • Unit Tranfusi Darah
    • Klinik Eksekutif dan Medical Check Up
      • Klinik Eksekutif
      • Paket Medical Check Up
    • Klinik
      • Klinik Anak
      • Klinik Bedah
      • Klinik Subspesialis Bedah
      • Klinik Gadjah Mada Orthopedi Center
      • Klinik Dermatologi, Venereologi, dan Estetika
      • Klinik Gigi dan Mulut
      • Klinik Jantung dan Pembuluh Darah
      • Klinik Kesehatan Jiwa
      • Klinik Mata
      • Klinik Obstetri dan Ginekologi
      • Klinik Paru dan Pernapasan
      • Klinik Penyakit Dalam
      • Klinik Fisik dan Rehabilitasi Medik
      • Klinik Gizi
      • Klinik Saraf
      • Klinik THT-KL
    • Hemodialisa
    • Radiologi
    • Psikologi Anak
    • Antarejo
    • Jatayu Home Care
    • Rawat Inap
    • Health Tourism & Wellness
    • Layanan Unggulan
  • Informasi
    • Jadwal Dokter RSA UGM
    • Artikel
      • Artikel Kesehatan
      • Berita
    • Kerja Sama Asuransi
    • Alur Pasien
    • INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
    • DATA INDIKATOR MUTU
    • Media Monitoring
    • Booklet Edukasi
    • Homestay UGM
  • Kontak Kami
    • Zona Integritas
    • SP4N Lapor
    • E-Komplain
    • Hubungi Kami
  • Beranda
  • Berita
  • Dinas Pariwisata DIY Bekerja Sama dengan RS Akademik UGM Melatih Pengelola Wisata Air di DIY, upaya tingkatkan Respons Penanganan Korban

Dinas Pariwisata DIY Bekerja Sama dengan RS Akademik UGM Melatih Pengelola Wisata Air di DIY, upaya tingkatkan Respons Penanganan Korban

  • Berita
  • 26 November 2024, 13.29
  • Oleh: admin
  • 0

Dinas Pariwisata (Dispar) DIY bersama dengan Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM menggelar Pelatihan Respons Cepat Kasus Kegawatan Kesehatan pada Area Destinasi Wisata Air di Pendopo Pantai Parangtritis DIY, Selasa (26/11/2024). Kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan kemampuan pengelola wisata air dalam menghadapi kasus kegawatdaruratan di wisata air.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar DIY, Antarikso Trisno Bawono menyampaikan destinasi wisata air dikunjungi ribuan wisatawan setiap tahunnya.

Beberapa destinasi wisata air yang kerap dikunjungi wisatawan antara lain pantai, air terjun dan susur sungai. Disana, menurut Antariksa telah terjadi beberapa kecelakaan (laka) air dalam beberapa tahun belakangan.

Dinas Pariwisata DIY Bekerja Sama dengan RS Akademik UGM Melatih Pengelola Wisata Air di DIY, upaya tingkatkan Respons Penanganan Korban

Antariksa menilai, kejadian laka air tersebut dapat dimitigasi oleh pengelola wisata setempat. Selain itu, ketika laka air telah terjadi, maka pengelola wisata juga memiliki kewajiban untuk segera menolong korban laka air. Untuk itu, menurutnya, pengelola wisata setempat perlu memiliki kemampuan untuk mitigasi dan menangani kejadian tersebut.

Untuk itu, pihaknya menggandeng RSA UGM untuk memberikan pelatihan respons cepat kasus kegawatan kesehatan di destinasi wisata air di Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo. “Kami menyambut baik kegiatan ini. Ini kerja sama antara Pemda DIY dan RSA UGM. Kami menyoroti keamanan dan keselamatan bagi wisatawan sebagai salah satu isu yang menjadi concern kami,” ujarnya, Selasa (26/11/2024).

Dalam pelatihan tersebut, pengelola wisata akan diedukasi terkait dengan mitigasi dan penanganan laka air. Selain itu, ada pula simulasi yang dilakukan untuk memastikan edukasi yang disampaikan telah dipahami dengan tepat oleh para pengelola wisata.

“Tujuan akhir [kegiatan pelatihan] untuk mengantisipasi kecelakaan di destinasi wisata air. Kita harus mengantisipasi, bila terjadi kegawatan kesehatan harus cepat ditangani,” ujarnya.

Dia pun berharap agar kegiatan tersebut dapat memperkuat citra pariwisata DIY yang menawarkan wisata aman bagi wisatawan.

Sementara Konsultan Bedah Rekonstruksi Pinggul, Lutut, dan Dewasa, Kepala Instalasi Health Tourism and Wellness RSA UGM, dr. Luthfi Hidayat, Sp. OT (K) menyampaikan pengelola wisata perlu memiliki kemampuan untuk menangani kasus kegawatdaruratan.

Menurutnya, pengelola wisata perlu memahami cara penanganan kasus kegawatdaruratan, dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) terdekat yang dapat melayani kejadian tersebut.  “Kami membuat kegiatan pelatihan, di sini kita bisa berdiskusi dan mendapatkan respons sehingga angka kejadian [kegawatan di destinasi wisata air] dapat lebih kecil,” ujarnya.

Sementara Pengurus Harian Academic Health System (AHS) UGM, dr. Haryo Bismantara, MPH menyampaikan kegiatan tersebut dapat memperkuat sektor pariwisata di DIY dari segi kesehatan.

Menurutnya, pelatihan tersebut dapat mendukung terwujudnya pariwisata DIY yang sehat dan aman. “Kita perlu memiliki SDM yang dapat membantu wisatawan agar sehat dan aman. Mereka [pengelola wisata] perlu terlatih untuk mengatasi situasi gawat darurat,” katanya.

Dinas Pariwisata DIY Bekerja Sama dengan RS Akademik UGM Melatih Pengelola Wisata Air di DIY, upaya tingkatkan Respons Penanganan Korban
Dinas Pariwisata DIY Bekerja Sama dengan RS Akademik UGM Melatih Pengelola Wisata Air di DIY, upaya tingkatkan Respons Penanganan Korban
Tags: ahs ugm bhd dinas pariwisata fasyankes

Pencarian

Artikel Kesehatan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Informasi Terbaru

  • Jatayu Home Care
  • Layanan Rehabilitasi Medik
  • Campak Merebak, Berbahayakah? Ayo bersama cegah Wabah Campak
  • Campak Merebak di Indonesia: Gejala, Penyebab, dan Cara Mencegahnya
Universitas Gadjah Mada

Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

Jl. Kabupaten (Lingkar Utara), Kronggahan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55291

rsa@ugm.ac.id

0811 2846 042 (IGD, WhatsApp Chat Only)
0811 2548 118 (IGD, Telepon)
0811 2856 210 (Pusat Layanan Informasi, WhatsApp Chat Only)

Artikel Kesehatan

  • Anak
  • Jantung
  • Kesehatan Jiwa
  • Kulit dan Kelamin
  • Lansia
  • Nutrisi

Layanan

  • Health Tourism and Wellness
  • Jatayu Homecare and Telemedicine
  • Unit Tranfusi Darah
  • Antarejo
  • Medical Check-Up
  • Klinik Eksekutif
  • Cathlab
  • CPET
  • Pendidikan dan Pelatihan
ARSPTN logo

© Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY