Berangkat dari komitmen Rumah Sakit (RS) Akademik UGM dalam menanggulangi bencana Pandemi Covid-19, sejak ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan covid pada bulan Maret 2020, RS Akademik UGM memulai pembangunan dua gedung yang didedikasikan penuh untuk layanan covid dan dibangun dengan fasilitas-fasilitas khusus yang menunjang pelayanan covid. Kedua gedung tersebut adalah Gedung Yudistira dan Arjuna yang selesai pembangunannya dan mulai dioperasikan pada Juni 2020.
Bertempat di Gedung Yudistira lantai 2 (Yudistira 2), layanan rawat jalan terintegrasi khusus untuk menangani wabah Covid 19 dibuka untuk umum. Layanan Yudistira 2 adalah layanan yang terintegrasi karena seluruh proses pemeriksaan, pelayanan dan pemberian terapi dapat dilakukan di satu tempat (one stop service) agar tidak mengganggu zonasi aman area lain. Sehingga meskipun menjadi Rumah sakit rujukan Covid, RSA UGM tetap menjalankan zonasi infeksi agar tetap aman dan nyaman bagi pasien non covid.
Poliklinik Yudistira 2 memiliki beberapa layanan, diantaranya layanan skrining covid, layanan pemeriksaan covid, layanan poli long covid, layanan maternal covid dan layanan
hemodialisa covid.
- Skrining covid: merupakan layanan bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan covid seperti: swab antigen, PCR atau pemeriksaan darah untuk Antibodi SARS CoV 19 (IgM dan IgG). Layanan ini dibuka 24 jam dengan jam pelayanan pukul 08.00-19.00 dilayani di poliklinik Yudistira 2 dan 19.00-07.59 di Instalasi Gawat Darurat. Swab Antigen dan Antibodi dapat ditunggu hasilnya dalam 1 jam, dan untuk Swab PCR dapat diinfokan hasilnya kurang dari 24 jam pada hari kerja.
- Layanan pemeriksaan covid: bagi pasien dengan gejala – gejala yang dicurigai Covid, maupun pasien – pasien yang telah melakukan pemeriksaan skrining covid dengan alasan apapun dan didapati hasilnya positif, maka pasien dapat memeriksakan diri ke Poliklinik Yudistira 2 untuk mengetahui apakah kondisi yang dirasakan sesuai untuk menjalankan isolasi mandiri, atau perlu perawatan lebih lanjut di RS. Pemeriksaan Standar dapat berupa pemeriksaan darah dan rontgen (one stop service).
- Poliklinik Long Covid: pada pasien-pasien yang mengalami gejala covid berkepanjangan (walaupun setelah dinyatakan sembuh atau membaik/selesai isolasi mandiri) poliklinik Yudistira 2 juga menghadirkan solusi pelayanan komprehensif yang diampu oleh dokter Spesialis Paru guna menangani problem pada pasien covid dengan gejala yang memanjang. Adapun gejala yang sering termasuk dalam sindrom “Long Covid” seperti: mudah lelah yang berkepanjangan, batuk yang lama bertahan setelah covid, pusing, sesak napas dan lain-lain.
- Layanan maternal Covid: bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman dan beberapa Dinas Kesehatan lainnya di DIY, Poliklinik Yudistira 2 juga menghadirkan layanan rujukan maternal covid terintegrasi guna memfasilitasi isolasi, perawatan dan penanganan lebih lanjut bagi para ibu hamil di wilayah DIY yang terpajan Covid. Tersedia fasilitas bangsal khusus Maternal Perinatal serta Ruang Operasi khusus Covid, Yudistira 2 menjadi gerbang penerimaan bagi pasien–pasien covid maternal di RSA UGM.
- Layanan Hemodialisa Covid: Poliklinik Yudistira 2 yang didedikasikan sebagai area rawat jalan Covid, juga membuka layanan yang memfasilitasi kebutuhan hemodialisa bagi pasien yang membutuhkan cuci darah namun sedang terjangkit virus Covid 19. Sehingga selama menjalankan isolasi, pasien hemodialisa dapat menjalankan program hemodialisanya di Poliklinik Yudistira 2.
Keunggulan Layanan Poliklinik Yudistira 2 sebagai layanan Rawat Jalan Khusus Covid
- Aman: merupakan gedung khusus untuk layanan Covid, maka baik bagi petugas dan pasien, alur pelayanannya didesain aman dan tidak bercampur satu sama lain. Dengan sistem Exhaust dan Filter HEPA, setiap ruangan dipastikan aman meskipun digunakan untuk antrian maupun ruang tunggu pasien covid. IPSRS dan PPI juga memastikan ACH pada setiap ruangan di Yudistira 2 terjaga aman guna mencegah transmisi kuman selama pelayanan berlangsung.
- Terintegrasi: mulai dari layanan pendaftaran, radiologi, laboratorium, kasir dan farmasi berada dalam satu area.
- Nyaman: gedung baru, ruangan bersih, dengan fasilitas pembersihan 24 jam oleh para petugas Cleaning Service yang sigap dan area tunggu yang tidak bertumpuk satu sama lain. Serta area perawatan yang tertutup dan terpisah antar tempat tidur pasien memastikan kondisi tetap aman dan nyaman bagi pemeriksaan.
Penulis
- Astari Pranindya Sari, M Sc, SpP